INTRODUCTION dulu yaa..
kuliah dengan media jejaring sosial facebook? waaahh....sepertinya baru nih..hehehe
inilah perkuliahan di jurusan Teknologi Pendidikan,Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta. siapa sih pencetusnya? hmmm..mau tau yaah? mau tau banget yayaya?? *hehehe... beliau adalah Prof. Dr. Bintang Petrus Sitepu. yuuup, beliau salalhsatu dosen senior di Teknologi Pendidikan. Bersama dengan ibu Retno widyaningrum, S.Ikom., M.M ,beliau memanfaatkan media jejaring sosial Facebook untuk perkuliahan mata kuliah yang diajarkannya yaitu Difusi Inovasi Pendidikan.
yaaa, inilah sebuah inovasi dalam pendidikan.Hanya di Teknologi Pendidikan, UNJ loh adanya. hehehe *bangga*. Memanfaatkan media jejaring sosial facebook sebagai media untuk interaksi pembelajaran itu menyenangkan loh. Facebook yang biasanya menjadi tempat untuk update status, curcol, upload foto, dan chatting bisa juga dimanfaatkan menjadi forum diskusi belajar. Dan akhirnya memiliki nilai tambah yang positif deh dalam memanfaatkan sebuah media jejaring sosial.
Oh iyaa, kemarin baru diadakan survey tentang "Apakah Forum Group Discussion DIP ini termasuk inovasi dalam mata kuliah ini?" untuk para mahasiswa. dan jawabannya itu "YES", atau "NO" atau "YES & NO", diberikan alasan yang mengacu pada teori Rogers & Reigeluth. Apa sih tujuannya diadakan survey begituan? Tujuannya itu agar mahasiswa dapat menganalisis dan memberi pendapat mereka secara kritis terhadap teori Rogers dan Reigeluth tentang sebuah inovasi. Dari hasil diskusi tersebut kemudian dibuat deh data-datanya dan di tabulasi menjadi tabel dan diagram yang keren-keren.hehehe. udah ngga sabar yaa lihat hasilnya? Oke deh, cekidot lihat kebawah yuuk ! :)
Surveynya nih !
kalau mau survey pasti ada korespondennya dong yaa... nah,dari 39 mahasiswa yang tergabung dalam forum diskusi ini, ada 33 orang yang ngoceh dan ada 6 yang diem aje.. entah, apa yang dipikirin sama yang diem, mungkin lagi pada sakit gigi kali yee .hehehe.
nih loh tabelnya :
dan inilah diagram yang kece itu :
dan selanjutnya, berapa mahasiswa sih yang jawab "YES" dan apa aja alasan mereka?
kita lihat aja yuk tabelnya dan diagramnya :)
heii, yang ngoceh itu ngga hanya bilang YES aja loh, ada juga yang bilang "YES dan NO". kok bisa sih jawab "YES dan NO" ? naah, ini dia alasan mereka :)
nah, udah tau kan alasan mereka yang menjawab "YES dan NO" .
masih ada satu lagi koresponden loh. yuup, betul sekali. Koresponden yang menjawab "NO". karena hanya 1 mahasiswa yang menjawab "NO" maka hanya dibuat tabel alasannya aja nih. cekidot !
Setelah kita melihat-lihat hasil surveynya, sekarang kita masuk ke pembahasannya yuuk...
PEMBAHASANnya nih.
Data-data yang dikumpulkan adalah data dari survey yang saya lakukan di forum diskusi DIP yang ada di facebook. Ternyata pendapat para mahasiswa begitu sangat bervariasi. Ada yang menjawab "YES" , "YES & NO" , dan "NO". Mereka juga memberikan alasan-alasan yang kritis. Ada 31 orang yang menjawab "YES". Apa sih yang menjadi alasan mereka menjawab "YES" ? alasannya yang pertama yang paling banyak adalah media Facebook pertama kali menjadi forum diskusi belajar. Beberapa mahasiswa merasakan kalau Facebook menjadi forum diskusi belajar hal yang baru bagi mereka.Karena biasanya forum diskusi yang ada bukanlah di media jejaring sosial Facebook, tetapi seperti di WEB online Learning yang biasanya mengakses di WEB itu lebih susah dibanding dengan mengakses Facebook. kenapa? karena WEB yang ada terkadang eror jika semua mahasiswa mengakses dalam waktu yang bersamaan. Sedangkan Facebook, mudah sekali untuk diakses.Lewat handphone pun dapat diakses. tidak hanya itu saja, hampir setiap mahasiswa memiliki account dan sering sekali mengakses facebook dan facebook sangatlah familiar disemua kalangan. Alasan lainnya, ada yang mengacu pada teori Rogers, teori Reigeluth tentang inovasi dan yang terakhir pemanfaatan media jejaring sosial facebook. Nah, itu lah alasan dari yang menjawab "YES". Selanjutnya, yang menjawab "YES & NO". Ada 2 mahasiswa yang menjawab "YES & NO" . yaa, mereka juga memiliki alasan tersendiri mengapa mereka menjawab "YES & NO" . mau tahu alasannya? salahsatu mahasiswa yang menjawab "YES & NO" memiliki alasan yang pertama, jawaban "YES"nya menurut teori Rogers, menggunakan facebook untuk forum diskusi belajar adalah sebuah inovasi. Ia berpendapat mengacu pada teori Rogers, sebuah inovasi dapat terjadi dengan syarat apabila suatu gagasan,praktek, atau benda yang ada tersebut dapat dirasakan baru oleh individu atau kelompok. Nah, baginya forum diskusi belajar dengan facebook ini adalah hal yang baru. Karena gagasan yang diberikan dalam matakuliah ini berbeda dan ia ber anggapan masih sangat baru dilakukan oleh para dosen-dosen yang telah di kenal dan ketahui. Setuju deh saya dengan hal ini.hehehe. kemudian, jawaban "NO"nya menurut teori Reigeluth bukan merupakan inovasi. Mengapa? Karena teori Reigeluth mengatakan sebuah inovasi harus memiliki syarat-syarat , salahsatunya merupakan harus terencana dan sistematis, yang dapat dikatakan juga sebuah inovasi perlu dilakukan dengan benar-benar mendalam dan kontinyu. Bisa dikatakan grup ini memang sudah direncanakan dan diatur dengan baik secara keseluruhan namun pembuatan forum/grup ini sebagai salahsatu pengganti dan pelengkap diskusi dikelas tidak dibuat dengan proses ang mendalam dan kontinyu. Grup ini dibuat karena memang kebetulan jejaring sosial facebook menyediakan fasilitas ini dan memang dapat dimanfaatkan oleh semua orang yang ada di jejaring sosial ini tanpa batas. Yaa, itulah salahsatu alasan mahasiswa yang menjawab “YES & NO”. Dan yang terakhir adalah jawaban “NO”. Hanya satu mahasiswa yang menjawab “NO”. Apa sih alasannya yah? Alasannya, karena forum ini hanya memanfaatkan media yang sudah ada, dan ini hanya sebuah kreatifitas saja.
Waah, ternyata pendapat para mahasiswa sangatlah kritis dan keren-keren. Okelah, semua pendapat engga ada yang salah kok. Semuanya dapat dibenarkan,karena masing-masing memiliki alasan dalam memberikan jawaban. Apakah itu inovasi atau bukan ? Setiap mahasiswa dapat memaknai teori-teori para ahli tentang inovasi bagi diri mereka pribadi.
KESIMPULAN
Baiklah, setelah saya menjabarkan semua hasil survey maka saya akan menyimpulkannya.
Dari pembahasan yang ada tentang forum diskusi belajar DIP melalui media jejaring sosial facebook, saya menyimpulkan forum ini merupakan inovasi. Mengapa ? karena mengacu pada teori Rogers , ini merupakan hal baru bagi banyak mahasiswa. Menggunakan media jejaring sosial untuk diskusi belajar tanpa harus dikelas tatap muka , merupakan hal baru yang saya temukan didalam perkuliahan yang pernah saya ikuti. Karena biasanya yang dipergunakan adalah web yang dibuat oleh dosen. Dan biasanya itu kurang efektif karena mengakses web lebih sulit dibandingkan dengan mengakses facebook.
SARAN
Saran saya, lebih efektif lagi jika ada pemberitahuan sebelum diadakan diskusi, karena memang mudah untuk mengakses facebook namun tidak semua mahasiswa memiliki jaringan internet dirumah atau dihandphonenya. Kemudian, selain untuk berdiskusi, dapat juga dishare setiap hal mengenai Difusi Inovasi Pendidikan,entah itu berupa artikel , buku atau apapun itu.
Semoga apa yang saya tulis dapat bermanfaat untuk para mahasiswa maupun bagi para pembaca.
Terimakasih :)
Daftar pustaka :
http://www.facebook.com/groups/273808582691563/
No comments:
Post a Comment